Categories

Sarapan Haruskah?

Sering menganggap enteng sarapan? Kalau sempat, ya makan. Kalau nggak, ya udah, gampang deh! Kalau menunya memang kita suka, ya makan. Tapi kalau nggak, nanti ajalah. Atau malas makan pagi-pagi, dan lebih suka makan nanti siang bareng teman-teman di sekolah? Well… we better think again, karena sarapan tuh penting banget,

Start the Day
Biasanya kita makan malam sekitar jam tujuh sampai sembilan. Berarti, jarak sampai pagi hari jam tujuh sekitar 10 sampai 12 jam. Tanpa sarapan, berarti kita memulai hari dengan perut kosong. Dan itu akan membuat pembakaran kalori jadi lebih lambat. Nah, sarapan bisa dibilang membangkitkan mesin yang lambat itu. Jadi kita lebih enerjik pagi itu. Pikiran lebih fokus, dan kita semangat melewati our busy day.

Feed Our Brain
Ini sudah terbukti, Girls. Sarapan bikin kita lebih cerdas, dan nggak sarapan bisa berakibat kemunduran otak.

Riset menyimpulkan, murid yang rutin sarapan, nilainya 20% lebih tinggi dari yang melewatkan sarapan.
Tiap bangun pagi, glukosa dan glikogen, yang jadi bahan bakar otak, sudah terkuras habis buat hari sebelumnya.
Tanpa sarapan, otak bakal bekerja tanpa glukosa, yang bikin nggak konsen, kerasa capek, dan mata berkunang-kunang. Meski nggak ada gejala itu pun, belajar kita di sekolah pasti nggak maksimal, deh!

Good for Diet
Ini juga dibuktikan para ahli. Riset Harvard University menyebut, orang yang teratur sarapan, cenderung nggak mengalami kegemukan dengan kemungkinan sampai 50%.

Kalau nggak sarapan, bisa dipastikan menjelang siang kita bakal lapar banget, dan lalu melahap makanan lebih banyak saat lunch. Padahal, kita sudah membutuhkan energi sejak pagi.
Menu yang paling jitu adalah sereal. Riset di Queen Margaret University, Edinburgh, menyebut, sarapan sereal sangat membantu menurunkan berat badan.

Avoid Some Diseases
Rajin sarapan jadi salah satu pola hidup sehat, terutama buat cewek. Ada riset yang menguji cewek sehat yang sarapan selama dua minggu, kadar kolesterolnya lebih tinggi dibanding yang melahap sereal dan susu tiap minggu. Itu karena serat sereal bisa mengikat kolesterol, yang berarti menurunkan resiko penyakit jantung.

Better Mood
Nggak cuma alasan kesehatan, tapi tahu dong, perut laper pasti bikin kita bete, pengennya ngomel terus, dan mood pun jadi nggak oke. Nah, kalau perut kenyang, mood oke, mau belajar atau ngapain aja pasti lebih semangat.

Before Bad Food
Ngaku deh, di kantin sekolah pasti kita lebih banyak menemukan makanan nggak sehat. Nah… sebelum kita melahap semua jajanan itu bareng temen, sarapan pagi jadi kesempatan buat “berinvestasi” makanan sehat.
Sumber: yess-online