Categories

WILMAR PLANTATION DAN SINARMAS FOKUS EKSPANSI KE LUAR NEGERI



Ekspansi kebun ke luar negeri menjadi satu-satunya pilihan agar perusahaan bisa terus meningkatkan produksi. Salah satu perusahaan yang mengarahkan padangan ke luar negeri adalah PT. Wilmar International Plantation. “ Bisa jadi manajemen akan beralih ke luar negeri,” kata Johanes, Legal Corporation Wilmar Plantation.

Menurut Johanes beberapa negara yang berpeluang untuk pengembangan perkebunan Wilmar adalah Afrika seperti Nigeria, Gana dan Uganda. Langkah Wilmar diikuti juga oleh perusahaan lainnya seperti Group Sinarmas. Selain di Afrika, Sinarmas juga masuk ke Kamboja. Perusahaan perkebunan mulai fokus ekspasi ke luar negeri dengan berbagai penyebab.
Pembatasan lahan perkebunan menghambat ekspansi perkebunan besar. Itu akan mengancam industri sawit dalam negeri, kata Joko Supriyono selaku Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI).
Aturan pembatasan luas kebun milik group maksimal 100.000 ha yang akan keluar akhir bulan Mei serta perpanjangan moratorium izin pengelolaan hutan primer dan lahan gambut menjadi penyebabnya. 

(Sumber Harian Kontan).