Categories

Jasa-Jasa Audit

1.    Jasa Assurance ( Jaminan)

Jasa Assurance adalah jasa professional independen yang meningkatkan kualitas informasi bagi para pengambil keputusan. Jasa assurance yang dapt diberikan berupa jasa atestasi.
Jasa Atestasi (pernyataan pendapat) adalah suatu pernyataan pendapat atau pertimbangan yang diberikan oleh seorang yang independen dan  kompeten yang menyatakan apakah asersi (assertion) suatu entitas telah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

  1. Audit atas laporan keuangan historis.
  2. Atestasi mengenai pengendalian internal atas pelaporan keuangan
  3. Telaah (review) laporan keuangan historis
  4. Jasa atestasi mengenai teknologi informasi (ibanking)
  5. Jasa atestasi lain yang dapat  diterapkan pada berbagai permasalahan (perolehan pembiayaan misal dari perusahaan ke bank, pernyataan ketaatan perusahaan)
2.    Jasa Assurance lainnya

Selain jasa atestasi, auditor juga dapat memberikan jasa lainnya, yang tidak selalu dilakukan atau disampaikan melalui laporan tertulis. Misalnya penggunaan data pribadi seorang pelanggan pada perusahaan, kemudian menilai apakah kebijakan dan praktik perusahaan memastikan bahwa perusahaan tersebut memenuhi standar dan hukum lingkungan
3.    Jasa-jasa Non-Assurance

Auditor juga dapat memberikan jasa lain kepada klien, selain dari pemberian jaminan ataupun pekerjaan utama dari auditor, jasa-jasa lainnya adalah sebagai berikut:

  • Jasa akuntansi dan pembukuan
  • Jasa pajak
  • Jasa konsultasi manajemen


Sumber : Muhammad Noval, SEI., SE., M.Si